Pengembangan seluler telah menjadi prioritas dan normal baru bagi banyak bisnis. Tanpa solusi yang dioptimalkan untuk seluler, perusahaan pasti berisiko kehilangan sejumlah besar klien dan tertinggal di belakang persaingan. Dalam artikel ini, kami telah mengumpulkan tren seluler utama sekarang dan untuk tahun-tahun mendatang.

Ponsel cerdas, tablet, dan perangkat seluler lainnya membuka peluang bisnis baru. Karena pelanggan membutuhkan kemudahan dan kebebasan, mereka berharap dapat mengakses layanan melalui perangkat portabel, dan bersedia mengunduh aplikasi untuk tujuan itu. Namun, tidak semua aplikasi menarik bagi semua pengguna. Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan tetap kompetitif dalam kondisi seperti itu, pengembang aplikasi seluler harus mengandalkan teknologi inovatif.

Mulai buat aplikasi seluler merek Anda hari ini dengan tim teknik seluler tingkat ahli kami

Daftar tren teknologi seluler terpanas berikut yang akan membentuk industri dalam waktu dekat ini dapat bermanfaat baik bagi mereka yang menjalankan bisnis maupun mereka yang mengembangkan solusi perangkat lunak untuk perangkat seluler. 

1. Kecerdasan Buatan (AI)

Tren industri seluler telah berfokus pada kecerdasan buatan sejak 2017, ketika Apple mengizinkan pengembang untuk mengintegrasikan asisten suara Siri ke dalam aplikasi mereka. Hal ini mendorong adopsi dan integrasi kecerdasan buatan dan algoritma pembelajaran mesin ke dalam aplikasi di berbagai bidang.

Berikut ini adalah beberapa kasus penggunaan populer:

  • Chatbots dan asisten pribadi virtual di industri jasa
  • Iklan dan rekomendasi yang dipersonalisasi di eCommerce
  • Aplikasi deteksi gerakan dan wajah untuk sistem pengawasan
  • Solusi perkiraan keuangan
  • Perangkat lunak medis yang membantu menentukan diagnosis dan menyarankan perawatan
  • Aplikasi pengenalan suara untuk bermain game, hiburan, dan komunikasi handsfree

Saat ini, berbagai aplikasi seluler dapat mengenali perintah suara, menganalisis data tekstual dan visual, mengantisipasi perilaku pengguna, dan membuat perkiraan, rekomendasi, dan keputusan. Ada persaingan sengit antara pengembang smartphone yang ingin mengemas perangkat mereka dengan elemen AI dan ML sebanyak mungkin.

2. Augmented Reality dan Virtual Reality

Semakin banyak aplikasi yang menggabungkan fitur augmented reality (AR) dan virtual reality (VR), dan tren ini tidak akan hilang.

Aplikasi yang menggunakan AR/VR memberikan peluang luar biasa dengan menyempurnakan lingkungan dunia nyata dengan objek digital, sehingga meningkatkan pengalaman pengguna. Beberapa tahun yang lalu, teknik AR dan VR sebagian besar digunakan dalam aplikasi game (ingat kesuksesan Pokemon Go yang luar biasa) dan kampanye pemasaran untuk menghibur dan mengesankan pelanggan. Saat ini, dunia seluler memanfaatkan augmented reality dan virtual reality untuk tujuan yang lebih praktis, seperti:

  • pengukuran objek
  • navigasi
  • pendidikan
  • desain interior
  • manual pengguna.

Contoh yang baik adalah CanvasLogic perangkat lunak konfigurasi visual dengan fitur 3D dan AR yang digunakan untuk menjual produk yang sangat dapat dikonfigurasi.

Selain itu, produsen smartphone telah meningkatkan produksi perangkat berkemampuan AR: sebagai perkiraan yang sangat konservatif, pada tahun 2021 ada 500+ juta perangkat iOS dan 1+ miliar perangkat Android yang dapat mengalami augmented reality.

3. Aplikasi IoT Seluler

Internet of Things telah menjadi arus utama di banyak sektor, mulai dari perawatan kesehatan dan pertanian hingga manufaktur dan transportasi, yang telah menyebabkan peningkatan pengembangan aplikasi IoT. Singkatnya, aplikasi IoT menjembatani kesenjangan antara perangkat seluler yang terhubung dan orang-orang.

Aplikasi adalah alat untuk manajemen jarak jauh dari perangkat yang terhubung, memungkinkan pengguna untuk:

  • memantau pembacaan perangkat seluler dan sensor
  • menganalisis data, membuat bagan, dan menghasilkan laporan
  • mengelola perangkat (mengonfigurasi, membuka/menutup, mengaktifkan/menonaktifkan, memicu notifikasi, dan lainnya).

Aplikasi IoT sama-sama bermanfaat untuk solusi yang berfokus pada pelanggan (peralatan rumah pintar, perangkat yang dapat dikenakan, sensor lalu lintas) dan manajemen tingkat perusahaan (jaringan minyak dan gas, jalur kereta api, mobil otonom).

4. Pembayaran Seluler

Saat ini, eCommerce adalah salah satu pasar yang paling berkembang pesat di dunia, dan belanja seluler adalah salah satu tren teratas. Akibatnya, permintaan untuk pembayaran seluler meningkat.

Selain berbagai aplikasi perbankan, aplikasi pembayaran yang paling banyak digunakan termasuk Apple Pay, Google Pay, PayPal, AliPay, WeChatPay, dan Zelle. Aplikasi ini memberdayakan pengguna untuk melakukan transaksi keuangan lebih cepat, lebih mudah, dan dari mana saja, berkontribusi pada ledakan perdagangan seluler. Pada tahun 2022, tren pengembangan aplikasi eCommerce untuk pembayaran seluler akan terus berlanjut.

5. Aplikasi Seluler Berbasis Cloud

Aplikasi seluler yang mengintegrasikan teknologi canggih seperti kecerdasan buatan, pembelajaran mesin, IoT, dll., memerlukan banyak penyimpanan di memori internal perangkat seluler. Tetapi aplikasi berukuran gigabyte bukanlah solusi pilihan bagi pengguna.

Komputasi awan dengan mudah memecahkan masalah ini: server jarak jauh menyediakan ruang penyimpanan yang diperlukan untuk kelancaran fungsi aplikasi yang diunduh dengan cepat dan tidak memengaruhi memori internal perangkat seluler Anda. Arti dari awan adalah:

  • fungsi aman di beberapa perangkat
  • menghemat uang di hosting
  • jauh lebih banyak daya komputasi
  • kapasitas penyimpanan dan pemuatan yang lebih baik
  • meningkatkan retensi pengguna
  • merampingkan operasi.

Itu sebabnya penyedia secara aktif berinvestasi dalam aplikasi berbasis cloud, yang telah berkontribusi pada penciptaan era seluler cloud.

6. Konektivitas 5G

5G mengubah dunia pengembangan aplikasi seluler. Penerapan teknologi canggih seperti IoT, AI, AR, dan komputasi awan ke dalam perangkat seluler dimungkinkan karena peningkatan konektivitas nirkabel. Saat ini, jaringan generasi kelima berkembang secara global, melayani peningkatan kebutuhan komunikasi untuk miliaran perangkat.

Ini memberikan empat manfaat utama untuk solusi seluler:

  • Kecepatan standar 5G hingga 100x lebih cepat dari 4G.
  • Latensi rendah komunikasi latensi rendah yang sangat andal (URLLC) yang hadir dengan 5G memastikan pemrosesan data waktu nyata.
  • Konektivitas dengan 5G, dimungkinkan untuk menghubungkan hingga satu juta perangkat seluler, dibandingkan dengan beberapa ribu yang didukung oleh 4G. Ini membuka peluang baru untuk pengembangan aplikasi IoT.
  • Bandwidth 5G menawarkan konektivitas yang sangat baik saat bekerja dengan band rendah, menengah, dan tinggi.

7. Dampak Teknologi yang Dapat Dipakai pada Pengembangan Aplikasi

Munculnya perangkat yang dapat dikenakan dan kasus penggunaannya yang berkembang membuka peluang baru bagi bisnis. Pengembangan aplikasi seluler untuk perangkat yang dapat dikenakan adalah salah satu industri yang paling booming karena aplikasi memastikan koneksi yang lebih erat antara merek dan pengguna. Jika perangkat wearable dipasangkan dengan aplikasi, pelanggan akan lebih bersedia menggunakannya karena mereka mendapatkan lebih banyak peluang (misalnya, analisis data yang dikumpulkan dan rekomendasi yang dipersonalisasi).

Aplikasi yang dapat dikenakan berbeda dari aplikasi ponsel cerdas: antarmukanya ringkas dengan mempertimbangkan ukuran layar kecil, dan harus memiliki konsumsi energi yang rendah.

Saat ini, aplikasi untuk jam tangan pintar dan pelacak kebugaran adalah solusi yang paling banyak digunakan. Namun dalam waktu dekat, lebih banyak aplikasi akan dirancang untuk perangkat seluler lain, seperti kacamata pintar atau gadget kesehatan.

8. Keamanan Seluler yang Ditingkatkan

Keamanan aplikasi tetap menjadi masalah terpanas bagi penyedia dan konsumen. Karena pengguna memasukkan dan mengelola Informasi Teknologi rahasia di ponsel cerdas dan perangkat seluler lainnya, mereka memerlukan langkah-langkah keamanan yang sangat baik.

Prioritas pengembangan seluler dalam waktu dekat adalah memberikan perhatian ekstra pada pembuatan fitur keamanan bawaan dalam aplikasi. Blockchain jelas akan menjadi teknologi utama yang akan digunakan untuk memastikan perlindungan data.

9. Perangkat Seluler untuk Otomatisasi Rumah

Teknologi seluler bersama dengan perangkat IoT memungkinkan pengguna untuk memastikan kenyamanan dan keamanan rumah mereka. Dan tren rumah pintar berkembang karena kemajuan dalam industri IoT.

  • Statista mengatakan bahwa pasar rumah pintar di seluruh dunia akan bernilai sekitar $53 juta pada tahun 2022.
  • Para ahli memperkirakan bahwa lebih dari setengah rumah di AS akan mengadopsi solusi otomatisasi rumah pada tahun 2023.

Oleh karena itu, rumah pintar adalah ceruk pasar yang besar untuk teknologi seluler. Dengan menggunakan satu aplikasi, pemilik rumah bahkan dapat mengatur suhu, kelembapan, ventilasi, mengontrol konsumsi air dan listrik dari jarak jauh, memantau sistem pengawasan, dan banyak lagi.

10. Aplikasi Seluler untuk Bisnis Kecil

Saat ini, aplikasi seluler bukan barang mewah yang hanya tersedia bagi para pemimpin pasar, melainkan alat yang dibutuhkan sebagian besar bisnis kecil untuk terhubung dengan pelanggan atau personel secara real time dan bahkan saat bepergian. Dengan menggunakan aplikasi, bisnis apa pun dapat mengoptimalkan alur kerjanya, menarik lebih banyak klien, dan memanfaatkan wawasan analitis. Akibatnya, perusahaan mendapat manfaat dari peningkatan pengalaman pengguna dan peningkatan penjualan.

Tahun ini, lebih banyak perusahaan kecil yang bekerja di bidang seperti pariwisata, hiburan, obat-obatan, katering, kecantikan dan kebugaran akan memilih untuk mengembangkan solusi seluler.

11. Penguatan Aplikasi Transportasi

Industri logistik dan transportasi secara aktif menggabungkan aplikasi seluler, mengalami transformasi signifikan di bawah pengaruhnya. Ada dua kategori besar solusi seluler untuk transportasi:

  • Untuk konsumen aplikasi pengoptimalan rute, aplikasi penyewaan mobil, pemantauan jadwal transportasi umum, pelacakan lalu lintas dan sistem informasi parkir, dll.
  • Untuk bisnis solusi manajemen armada, sistem pemantauan utilitas (pencegahan pencurian bahan bakar sangat penting), solusi pengoptimalan jadwal pengiriman, dll.

Sektor ini merupakan potensi besar untuk pengembangan aplikasi, sehingga pertumbuhannya terjamin.

12. Pendapatan Aplikasi Seluler Meningkat

Pendapatan aplikasi seluler di seluruh segmen meningkat dari tahun ke tahun, dan 2022 tidak terkecuali. Statista memperkirakan itu akan melampaui $ 469 miliar tahun ini, dengan game, jejaring sosial dan hiburan menjadi industri terkemuka. Pada tahun 2025, pendapatan diperkirakan akan mencapai $613 miliar .

13. Pengembangan Seluler Lintas Platform

Solusi Android dan iOS mendominasi pasar aplikasi seluler (secara keseluruhan lebih dari 99%). Oleh karena itu, bagi banyak bisnis, lebih hemat biaya untuk membuat aplikasi lintas platform yang akan sama-sama kompatibel dengan semua platform yang diperlukan. Mengapa jumlah solusi lintas platform meningkat? Baca detail tentang pengembangan seluler lintas platform di artikel kami.

14. Teknologi Biometrik Membentuk Kembali Aplikasi Seluler

Karena keamanan data sensitif di perangkat seluler tetap menjadi masalah terpanas, aplikasi dilengkapi dengan teknologi yang lebih canggih untuk memastikan perlindungannya. Dalam hal ini, biometrik semakin populer.

Menurut Statista, pasar teknologi biometrik global telah tumbuh secara bertahap dalam beberapa tahun terakhir. Di tahun-tahun mendatang, mereka memperkirakan lonjakan pendapatan yang cepat, dari $36,6 miliar pada tahun 2020, menjadi $68,6 miliar pada tahun 2025.

Jenis biometrik paling populer yang digunakan dalam aplikasi adalah:

  • pengenalan wajah
  • pengenalan suara
  • pemindaian sidik jari
  • Pengenalan Iris
  • pengenalan geometri tangan
  • pengenalan tanda tangan.

Fitur-fitur ini merupakan langkah efektif untuk autentikasi tepercaya dan perlindungan data.

15. Teknologi Berbasis Lokasi

Aplikasi banyak digunakan dalam telematika untuk melacak lokasi fisik aset (kendaraan, hewan, manusia) dan mengambil tindakan terkait. Ini dilakukan dengan bantuan layanan berbasis lokasi dan geofencing. Beberapa kasus penggunaan teknologi yang populer meliputi:

  • layanan taksi
  • pemasaran dan periklanan
  • manajemen armada
  • perjalanan dan perhotelan.

Jelas, ada lebih banyak peluang teknologi berbasis lokasi dan geofencing terbuka untuk bisnis, dan kita akan melihat lebih banyak aplikasi dengan fitur ini pada tahun 2022 dan seterusnya.

16. Bawa Perangkat Anda Sendiri (BYOD)

Konsep BYOD menyiratkan bahwa karyawan dapat menggunakan perangkat seluler pribadi mereka di tempat kerja, yang sebelumnya sebagian besar dilarang. Sekarang, lebih banyak perusahaan memiliki atau berencana untuk memperkenalkan kebijakan BYOD. Langkah ini menjadi mungkin karena peningkatan keamanan solusi seluler dan teknologi cloud canggih yang dapat menyinkronkan aliran data dengan aman.

Pasar BYOD saat ini diperkirakan mencapai $ 181 miliar dan diperkirakan akan berlipat ganda pada tahun 2022.

Perusahaan yang mengadopsi konsep ini merampingkan digitalisasi sambil menghemat uang untuk membeli perangkat keras. Karyawan juga meningkatkan produktivitas karena mereka memiliki akses ke dokumen/sistem kerja dan dapat mengatasi masalah 24/7 dari mana saja.

Pengembangan aplikasi seluler siklus penuh di semua platform, perangkat, dan sistem operasi

Menjadi Seluler Adalah Cara yang Tepat untuk Bisnis

Tren seluler saat ini berbicara sendiri dan membuktikan bahwa teknologi terus menembus lebih dalam ke dalam kehidupan kita. Aplikasi yang sebelumnya hanya merupakan titik kontak dengan merek telah menjadi yang terdepan.

Pengembangan seluler mengikuti inovasi terbaru dan menawarkan solusi yang kuat dan nyaman. Perusahaan fokus pada seluler untuk menarik pelanggan setia, sementara pelanggan mengharapkan lebih banyak layanan tersedia melalui aplikasi.

Segera, kita akan melihat peningkatan jumlah solusi smartphone yang akan menggunakan berbagai teknologi canggih. Banyak perusahaan akan beralih ke aplikasi sebagai pelengkap atau bahkan sumber pendapatan utama.

Di SaM Solutions, kami memiliki keahlian yang luas dalam pengembangan aplikasi seluler dan menawarkan berbagai layanan kepada klien kami. Kami juga menangani proyek IoT, Cloud, eCommerce, dan inovasi lainnya. Apakah Anda membutuhkan mitra TI yang andal? Solusi SaM siap melayani Anda!

FAQ:

Bagaimana aplikasi seluler digunakan dalam perawatan kesehatan?

Perangkat dan aplikasi seluler adalah dasar untuk telemedicine, yang mendapatkan daya tarik di banyak negara. Mereka menyediakan komunikasi antara pasien dan dokter, pemantauan terus menerus terhadap kondisi kesehatan, pengumpulan dan analisis data.

Apakah blockchain tren saat ini dalam pengembangan aplikasi seluler?

Blockchain jelas merupakan pengubah permainan dalam pengembangan aplikasi. Anda dapat menemukan banyak aplikasi yang digabungkan dengan blockchain. Sebagian besar adalah dompet elektronik, pengonversi mata uang, aplikasi pelacak aset digital, dan solusi jaringan. Tetapi teknologi ini juga menyediakan pendekatan khusus untuk keamanan, memungkinkan Anda untuk meningkatkan perlindungan platform seluler Anda dan mendapatkan loyalitas pelanggan. Manfaat inti dari aplikasi bertenaga blockchain adalah:

  • peningkatan perlindungan data dan pengurangan risiko kehilangan data
  • transaksi lebih cepat
  • kesederhanaan
  • transparansi.

Apa saja faktor yang dapat mengukur keamanan aplikasi?

Daftar periksa keamanan aplikasi seluler mencakup otentikasi, enkripsi komunikasi, kerentanan OS, perlindungan kebocoran data, ketersediaan biometrik, dan banyak lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.