Google telah meluncurkan smartphone terbarunya, yang berisi chip komputer pertama yang dirancang sendiri oleh raksasa teknologi itu.

Pixel 6 berisi Kumpulan Berita dan Informasi dari berbagai sumber yang terpercaya prosesor “Tensor” Google, yang katanya memungkinkan fitur ponsel baru yang didukung oleh kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin. Ini juga merupakan ponsel pertama dalam seri dengan model “Pro”, yang dirancang untuk bersaing di pasar kelas atas.

“Seluruh tujuan saat kami memulai adalah mencapai titik ini,” kata Rick Osterloh, kepala perangkat Google.

“Sungguh, ini adalah visi asli kami yang akhirnya dapat kami capai setelah membangun banyak kemampuan baik dalam teknologi maupun dalam kemampuan pengembangan produk,” katanya kepada BBC.

Google memiliki dan mengoperasikan platform Android, yang digunakan oleh hampir setiap pembuat ponsel selain Apple. Tapi ujung atas pasar Android telah didominasi oleh merek smartphone lain seperti Samsung, yang ponselnya bisa berharga lebih dari £1.000.

Garis Pixel Google sering dibanderol di tengah pasar.

Tetapi Pixel 6 baru akan dijual seharga £599/$599, sedangkan model Pro akan berharga £849/$899. membawanya lebih dekat ke harga perangkat kelas atas yang bersaing.

Itu adalah harga peluncuran yang sama untuk model dasar dengan Pixel 5, yang menurut Google pada saat itu, telah dirancang untuk “kemerosotan ekonomi”.

“Jelas, ada banyak teknologi dan ini pasti mahal, tapi kami mencoba menawarkan nilai yang baik kepada pengguna meskipun faktanya ini adalah flagships,” kata Osterloh.

Kamera
Baik Pixel 6 dan Pro adalah smartphone faktor bentuk standar dengan bilah horizontal besar yang mencolok di bagian belakang atas ponsel.

Bilah itu berisi semua lensa dan sensor kamera, alih-alih meletakkannya di satu sisi dalam “benjolan” kamera yang populer di banyak model modern.

Kedua versi memiliki kamera utama 50 megapiksel (MP) dan ultrawide 12MP. Model Pro memiliki kamera 48MP tambahan, memberikan zoom optik 4x.

Model Pro juga memiliki lebih banyak memori, layar dengan resolusi lebih tinggi, dan kecepatan refresh layar yang lebih cepat hingga 120hz – atau 120 refresh layar per detik, yang dapat membuat animasi dan gerakan cepat tampak lebih mulus.

Smartphone modern sangat bergantung pada “fotografi komputasional” untuk mengambil foto yang bagus dan jelas. Inilah yang memberi setiap pembuat ponsel “tampilan” khas mereka pada foto.

“Untuk waktu yang lama, Pixel telah dikenal dengan fotografi yang luar biasa, yang benar-benar merupakan fungsi dari kemampuan kami untuk melakukan peningkatan pengalaman kamera yang digerakkan oleh AI dan pembelajaran mesin,” kata Osterloh.

“Dengan platform baru ini, dengan Tensor, kami benar-benar merancang platform untuk dapat mendukung pekerjaan paling mutakhir yang kami miliki di semua aspek AI.”

Salah satunya adalah apa yang disebut Google sebagai “penghapus ajaib” – sebuah sistem di mana aplikasi Foto akan mendeteksi gangguan di foto seperti seseorang berjalan di latar belakang, dan mencoba menghapusnya. Perusahaan mengatakan itu juga dapat digunakan untuk hal-hal seperti tiang listrik atau kabel, dan pengguna dapat secara manual memilih hal-hal untuk dihapus serta sistem otomatis.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *