Orang dewasa yang lebih tua dapat meningkatkan penglihatan mereka dengan “pelatihan persepsi,” menurut sebuah penelitian baru di AS. Temuannya berimplikasi pada kesehatan dan mobilitas populasi kita yang menua.

Studi baru muncul dalam edisi online terbaru “Journal of Vision” dan didanai oleh National Institute on Aging.

Para peneliti melakukan serangkaian percobaan untuk menentukan apakah berulang kali melakukan tugas visual tertentu yang melibatkan batas dari apa yang dapat dilihat seseorang dapat meningkatkan penglihatan pada orang kesehatan retina mata dewasa di atas 65 tahun. Dengan hanya dua hari pelatihan (sesi satu jam), penglihatan orang dewasa yang lebih tua meningkat menjadi tingkat mata pelajaran usia kuliah. Peningkatan ini dipertahankan hingga tiga bulan. Hasil tergantung di mana di bidang visual rangsangan itu berada – menunjukkan ada perubahan di otak yang sedang terjadi. Korteks visual adalah bagian otak yang memproses informasi visual.

Perubahan terkait usia dalam penglihatan – seperti sensitivitas kontras, adaptasi gelap, penglihatan spasial, orientasi, persepsi kedalaman, dan persepsi gerak – sudah diketahui oleh para ilmuwan. Tapi ini adalah studi pertama yang menunjukkan bahwa pelatihan persepsi dapat digunakan untuk benar-benar membalikkan penurunan terkait usia, dan meningkatkan penglihatan secara langsung.

Penelitian ini menggunakan “tes diskriminasi tekstur,” di mana orang disajikan dengan rangsangan yang terdiri dari satu huruf yang muncul di tengah-tengah serangkaian garis horizontal. Yang lain memiliki banyak sekali garis yang berjalan secara diagonal, membentuk semacam objek vertikal atau horizontal. Orang harus mengidentifikasi huruf pusat dan objek periferal, yang bisa menjadi tugas yang sulit bagi seseorang dengan penglihatan yang lemah.

Para peneliti menemukan bahwa peningkatan penglihatan bukan hanya karena orang berlatih atau terbiasa dengan klinik mata bekasi tes. Peningkatan kinerja dipertahankan setidaknya selama tiga bulan. Ini adalah hasil yang luar biasa, yang menunjukkan otak dan komponen penglihatannya dapat dimanipulasi dan diubah menjadi lebih baik. Jenis terapi ini tampaknya berguna untuk pemulihan dari penurunan penglihatan akibat penuaan normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.