Ada begitu banyak merek dan gaya alat bantu dengar untuk dipilih sehingga dapat membuat kepala Anda pusing. Mungkin sulit dan memakan waktu untuk memilih perusahaan yang tepat untuk membeli, serta jenis dan gaya alat bantu dengar yang terbaik untuk Anda. Jadi, di mana Anda mulai? Perhentian pertama Anda adalah ke profesional perawatan kesehatan Anda untuk menguji pendengaran Anda.

Dokter Anda akan melakukan serangkaian tes untuk mengetahui jenis gangguan pendengaran yang Anda alami. Dia juga harus menentukan apakah masalahnya ada di telinga Anda atau ada alasan lain yang membuat Anda tidak bisa mendengar sebaik dulu. Tingkat gangguan pendengaran dan lokasinya sama pentingnya, karena akan menentukan jenis dan gaya alat bantu dengar mana yang paling cocok untuk situasi Anda.

Setelah dokter menyimpulkan tentang defisit pendengaran Anda, Anda harus memutuskan apa yang paling nyaman untuk Anda kenakan. Ada dua kategori alat bantu dengar, analog dan digital.

Alat bantu dengar analog bekerja dengan memperkuat suara yang dipancarkan dari lingkungan Anda. Jenis digital menggunakan komputer kecil yang terletak di dalam perangkat yang diprogram untuk membedakan dari berbagai jenis suara yang diterima dari lingkungan Anda, serta dari mana suara itu berasal. Tergantung pada preferensi dan tingkat gangguan pendengaran Anda, Anda memiliki pilihan gaya alat bantu dengar yang tepat untuk Anda.

CIC: Pas sepenuhnya di dalam saluran telinga dan praktis tidak terlihat. Saluran telinga harus cukup besar untuk menampung perangkat jenis ini. Alat bantu dengar ini cocok untuk gangguan pendengaran ringan hingga sedang. Karena ukurannya sangat kecil, mereka biasanya tidak direkomendasikan untuk orang dengan kesulitan ketangkasan.

ITC: Ini sedikit lebih besar dari alat bantu CIC, dan juga cocok dengan saluran telinga. Alat bantu jenis ini cocok untuk gangguan pendengaran ringan hingga sedang.

ITE: Terlihat pas di pintu masuk saluran telinga. Ini menggunakan amplifier yang lebih besar dan memiliki lebih banyak fitur. Alat bantu ini bekerja untuk gangguan pendengaran yang lebih luas.

BTE: Pas di belakang telinga, memiliki amplifier yang lebih besar, dan merupakan tipe terbaik untuk anak-anak. Jenis ini memberikan lebih banyak amplifikasi karena baterai yang lebih besar dan amplifier yang lebih kuat.

Faktor penting dalam memilih alat bantu dengar yang tepat:

Derajat atau tingkat kerusakan
Ukuran liang telinga yang memadai
Usia – sebagian besar model alat bantu dengar tidak direkomendasikan untuk anak-anak
Biaya bantuan, pemeliharaan, dan perbaikan
Gaya hidup
Kenyamanan dan kemudahan penggunaan

Ketika Anda menemukan alat bantu dengar terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda, diperlukan waktu untuk membiasakan diri memakainya, terutama jika Anda baru pertama kali memakai alat bantu dengar. Anda harus memiliki kesabaran saat pemasangan dan penyesuaian dilakukan. Setelah semua dikatakan dan dilakukan, alat bantu dengar baru Anda akan memberikan pengalaman pendengaran yang lebih baik dan meningkatkan kualitas hidup Anda.

Infeksi dapat terjadi di mana saja salah satunya adalah pada telinga. Adanya infeksi di telinga tentu akan membuat keadaan yang tidak nyaman. Infeksi telinga ini bisa menyebabkan adanya gangguan pendengaran sementara atau reversible. Alat bantu dengar dapat digunakan untuk memudahkan komunikasi dan tetap dapat berinteraksi dengan sekitar. Banyak pusat alat bantu dengar yang jual alat bantu pendengaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *